Berita

2013-03-05 19:03:14

Monumen

 

Monumen Si Raja Panggabean selintas terlihat hanyalah sebagai 3 buah sopo dan sebuah tugu bisu yang merupakan "pertanda sejarah" yang megah bagi pomparan marga Panggabean dan obyek wisata yang menarik bagi pendatang dan juga wisatawan-wisatawan luar negeri.

Tetapi tahukah Anda, bahwa "sejarah" lahirnya monumen tersebut tidaklah sesederhana yang kita bayangkan sebagai penerus generasi natua-tua kita? Natua-tua kita telah dengan bersusah-payah mewariskan kepada kita sebuah "pertanda sejarah" yang harus kita pelihara dan teruskan kepada generasi-generasi berikutnya sebagai bagian dari upaya melerstarikan adat-istiadat dan budaya bangsa Batak pada umumnya. Memang, monumem tersebut secara seremonial baru diresmikan pada tahun 1977, tetapi liku-liku proses 'kelahiran'nya sebenarnya telah dimulai sejak srkitar 21 tahun sebelumnya, dengan timbulnya ide atau gagasan yang kemudian semakin dimatangkan.

Pada tahun 1976, saat diadakan Pesta Akbar Pomparan Si Raja Panggabeanse-Indonesia di Gedung Olah Raga Jl. Veteran, Medan, dalam pembicaraan antara para Natua-tua kita di pertemuan tersebut, antara lain telah disepakati tentang perlunya 'diwariskan' sesuatu parningotan bagi generasi muda Panggabean, agar mereka tidak lupa kepada 'akar'nya.

Disepakatilah akan dibangun sebuah Monumen yang trdiri dari sebuah Tugu berbentuk Tunggal Panaluan beserta 3 buah Sopo yang melambangkan kesataun dan persaudaraan Pomparan Si Raja Panggabean Lumbanratus, Raja Panggabean Simorangkir, Raja Panggabean Lumbansiagian. Disamping berbagai upaya pembinaan kesadaran adat-istiadat terhadap generasi muda penerus, rupanya kehadiran sebuah memorial secara fisik juga sangat diperlulan.

Mungkin banyak diantara generasi muda, terutama yang dirantau, yang belum mengetahui bahwa kakak-beradik Panggabean Lumbanratus, Panggabean Simorangkir dan Panggabean Lumbansiagian adalah putera-putera dari Raja Panggabean, yang juga terdiri dari 4 bersaudara yaitu Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, dan Hutatoruan (yang kemudian punya 2 anak Hutapea dan Lumbantobing). Keempat bersaudara ini yang juga biasa disebut 'Si Opat Pusoran', aalah keturunan dari Guru Mangaloksa Hasibuan, anak kedua dari Si Raja Hasibuan, yang datang merantau dari kampungnya di Sigaol Uluan dan bermukim di Marsaitbosi, Siatas Barita. Disini dia kemudian memperistri seorang boru ni Raja Pasaribu yang melahirkan keempat bersaudara 'Si Opat Pusoran' tersebut.

Perlu juga ditambahkan, bahwa dalam kesempatan peretemuan tahun 1976 di Medan itu, untuk pertama kalinya juga telah dikumandangkan lagu Mars Si Raja Panggabean yang merupakam hasil karya Gr. Daulat Panggabean.

Adapun perancangan dan pembangunan monumen tersebut diprakarsai oleh DR. Ing. Hotma Panggabean, dibantu oleh Ir. Arnold Panggabean dan baru pada tanggal 17 Februari 1984, mulai dilakukan pembangunan monumen tersebut dengan pengecoran pondasi tugu Tunggal Panaluan sedalam 4 meter. Tinggi tugu ini sengaja dibuat 18 meter, yang tak lain untuk melambangkan telah berkembangnya pomparan Si Raja Panggabean sampai ke sundut no. 18 (pada masa itu). Seorang seniman pelukis/pengukir khusus telah diminta bantuannya untuk memperindah tugu yang tampak berwibawa tersebut.

Pada tanggal 23 April 1984 pekerjaan dilanjutkan dengan membangun pondasi tiga buah Sopo yang merupakan kelengkapan dari Monumen Si Raja Panggabean. Namun 3 tahun kemudian pembangunan monumen tersebut sempat terhalang/tertunda, disebabkan terjadinya gempa besar di Tarutung dan sekitarnya pada tahun 1987, yang antara lain menyebabkan beberapa tiang Sopo ada yang patah. Walau memakan waktu yang cukup panjang, pelaksanaan tetap dilanjutkan pada tahun 1995 dilakukan lagi perbaikan-perbaikan pada pagar-pagar dan taman disekitar monumen, yang akhirnya mencapai finishing touch pada tahun 1997.

Upacara Peresmian Tugu/Monumen Si Raja Panggabean akhirnya berhasil dilaksanakan dengan sukses pada tanggal 27 Juni 1997 di lokasi Monumen di desa Simarangkir, Tarutung, dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum, dilanjutkan dengan acara ibadah/kebaktian dan kata-kata sambutan. Dari situ acara kemudian beralih ke halaman Gereja HKBP Simarangkir, dimana kemudian dilanjutkan lagi dengan pesta akbar berupa Makan Siang/Mambagi Jambar, acara gondang/tortor antara lain Gondang/Tortor ni Hasuhutan, Dongan Tubu (Hutabarat, Hutagalung, Hutatoruan), Hasibuan, Boru/Bere dan ditutup dengan Gondang/Tortor Ni Hula-Hula/Tulang.

Kesuksesan pesta tersebut tidak terlepas dari peranan Panitia Peresmian Monumen Ni Si Raja Panggabean yang diketuai oleh Ketua Umum DR. G. M. Panggabean, dibantu Sekretaris umum J. EI. Panggabean dan pengurus-pengurus lainnya, termasuk Panitia Pelaksana di Bona Pasogit yang dikomandoi oleh Koordinator/Penanggung Jawab KK Mangatas Panggabean, Ketua Drs. S. P. Panggabean dan Sekretaris David Panggabean.

Kemeriahaan suasana di sekitar Monumen baru terasa lagi 5 tahun kemudian, yaitu pada saat dilaksanakan Pesta Akbar Partangiangan Pinompar Ni Si Raja Panggabean se-Indonesia di Kompleks Gereja HKBP Simarangkir pada tahun 2002, yang juga dihadiri oleh tokoh-tokoh dan natua-tua Panggabean dari Jakarta, Medan, Siantar, Sibolga dam kota-kota lainnya. Kepanitiaan pada waktu itu dipimpin oleh Drs. Mauliate Simorangkir, yang juga pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan di Pemda Kabupaten Tapanuli Utara.

Maka kemeriahan dan kebahagiaan akan terpancar lagi 11 tahun kemudian, yaitu pada bulan Juni 2013 mendatang ini, dimana akan dilaksanakan lagi sebuah Pesta Akbar Partangiangan/Doa Syukuran Pomparan Si Raja Panggabean se-Indonesia, yang akan dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai kota di Indonesia. Sebuah pesta yang mencerminkan kebersamaan yang semakin erat antar pomparan ni Si Raja Panggabean. Semoga Tuhan Memberkati!

Sumber narasi: Kalender Pomparan Si Raja Panggabean 2013